Selasa, 04 Juni 2013

Tulisan Bahasa Indonesia 2# " Efek Hari Senin"

Efek Hari Senin


Hari senin merupakan hari pertama dimulainya kembali aktifitas atau rutinitas kita. Hari senin juga merupakan hari yang banyak tidak disukai oleh orang-orang, baik itu pelajar, mahasiswa maupun karyawan atau pekerja. Seperti yang saya alami saat masih sekolah dulu, hari Senin adalah hari yang tidak menyenangkan karena pelajaran yang tidak disukai bisanya ada pada hari Senin dan kita harus berdiri tegap, berbaris rapih ditengah lapangan dengan cuaca yang panas dan terik matahari yang menusuk kulit. Selain karena teriknya matahari, saya tergolong anak yang kurang tahan dengan paparan sinar matahari, paparan sinar matahari membuat saya pusing dan mimisan sehingga lengkaplah sudah  ketidak sukaan saya terhadap hari Senin. Sekarang saat saya sudah bekerja efek ketidaksukaan pada hari Senin masih menempel walaupun tidak sebesar pada saat saya masih sekolah.

Sebagai seorang pekerja sambil kuliah, hari Senin sampai dengan Jumat saya bekerja dari pagi sampai sore kemudian pulan kerja lanjut kuliah. Sabtu saya libur bekerja tetapi tidak untuk kuliah saya. Hari Sabtu saya kuliah lebih pagi dibandingkan dengan jam masuk kantor saya. Kemudian pada hari Minggunya masi ada aktifitas perkuliahan yang wajib saya hadiri, walaupun tidak sepadat dihari Sabtu. Saya baru bisa refreshing pada Minggu sorenya sampai malam yang akhirnya membuat saya kurang istirahat. Ini adalaha salah satu penyebab malasnya saya mulai beraktifitas pada hari Senin. Kemudian lalu-lintas pada hari Senin lebih padat dari hari lainnya, bahkan sering terjadinya kemacetan sehingga mengharuskan saya untuk bangun lebih pagi agar tidak terlambat sampai kekantor. Dan sesampainya dikantor, pekerjaan menumpuk sudah menunggu untuk segera diselesaikan kemudian situsi dan kondisi kantor yang crowdid ikut membuat hari Senin kurang menyenangkan. Tetapi ini sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai pekerja dan mahasiswi, karena ini semua adalah pilihan saya. Cara mengatasi rasa malas terhadap hari Senin awalnya dimulai dari cara berfikir kita, jangan tersugesti dengan tidak menyenangkanya hari Senin.

Kesimpulan:
Hari senin merupakan hari yang paling tidak disukai oleh pelajar, mahasiswa dan karyawan. Dikarenakan oleh banyak faktor, faktor yang mempengari paling besar adalah pikiran kita yang tersugesti akan tidak menyenangkannya hari minggu dan kurangnya istirahat pada hari Minggu karena diforsir untuk bermain atau jalan-jalan.

Saran:
Agar hari Senin menjadi menyenangkan maka kita harus merubah cara berfikir kita tentang hari Senin dan mengatur mengatur waktu dengan baik untuk jalan-jalan / main dan waktu untuk beristirahat pada hari Minggu agar pada hari Senin kita tidak kelelahan. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar kita bisa berolah raga kemudian sarapan terlebih dahulu dan berangkat lebih awal agar tidak terjebak macet diperjalanan,sehingga kita bisa sampai kekantor lebih pagi dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Hindari pikiran-pikiran yang tidak menyenangkan agar hari-hari yang kita jalani dapat terasa lebih menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar