Kamis, 06 Juni 2013

TUlisan Bahasa Indonesia 2# : "Kuliah Sambil Kerja"

KULIAH SAMBIL KERJA

     Lahan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja membuat persaingan dalam dunia pekerjaan semakin ketat. Untuk itu selain keterampilan dibutuhkan pendidikan yang dapat menunjang pekerjaan. Biaya pendidikan saat ini yang semakin besar membuat sebagian orang kurang mampu untuk mengeluarkan biaya untuk pendidikan tersebut karena kondisi perekonomian yang pas-pasan.

      Bagi keluarga yang kondisi ekonominya pas-pasan, kuliah sambil kerja adalah pilihan yang baik karena hal ini sangat membantu orang tua dalam meringankan beban pengeluaran rumah tangga.  Bagi yang sudah bekerja namun hanya tamatan SLTA/ sederajat, kuliah sangat dibutuhkan untuk menaikkan pendapatan atau menaikkan jabatan. Hanya saja, kuliah sambil kerja sangat menguras waktu, tenaga dan fikiran. Kendala yang biasanya dialami oleh pekerja sambil kuliah adalah kelelahan yang menyebabkan kurangnya konsentrasi sehingga sulitnya memahami pelajaran dalam perkuliahan. Kemudian kelelahan dalam pekerjaan membuat kita sulit meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang selalu ada dalam setiap pertemuan. Sehingga tugas-tugas yang belum dikerjakan tersebut menumpuk dan semakin sulit dikerjakan. Untuk mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk tersebut, kita menggunakan hari libur yang biasanya kita gunkanan untuk liburan. Jika terus-terusan seperti itu bisa menimbulkan strees karena tidak ada waktu untuk liburan atau refresing. Liburan sangat penting untuk menyegarkan fikiran dan membuat kita bersemangat lagi.

Kesimpulan:
       Kuliah sambil kerja dapat menjadi alternatif yang baik bagi pekerja yang ingin menaikkan jabatan atau gaji dan kerja sambil kuliah dapat meringankan biaya orang tua bagi keluarga dengan kondisi ekonomi kurang mampu.

Saran:
Agar semua dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan kedisiplinan dan manajemen waktu yang baik. Bisa membatasi waktu untuk bekerja, kuliah dan liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar